Jl. Perumnas No. 28, Caturtunggal
Depok, Sleman, Yogyakarta
(0274) 2802203
089.83.17971.9
diiiazpm@gmail.com
jogjaonesolution@gmail.com

Software-Software Terbaik untuk Desainer

softwareaplikasikantor.com-Desain Grafis memang merupakan salah satu bentuk komunikasi visual yang meggunakan gambarsebagai media penyampaiannya .Dengan mendalami ilmu desain ,kalian bisa menyampaikan sesuatu melalu gambar yang kalian buat.Di Era saat ini ,desain grafis menjadi peran penting bagi perusahaan terutama start up – start up sekarang yang jelas membutuhkan desainer aplikasi untuk mengembangkan aplikasinya.

Seni ini mencakup keterampilan visual termasuk di dalamnya seperti tipografi, ilustrasi, pengolahan gambar, dan tata letak. Orang yang bekerja dalam bidang ini disebut desainer grafis.

Dalam dunia desain grafis, terdapat berbagai macam software desain terbaik dan terpopuler yang cocok digunakan untuk pemula hinggan profesional.

Software desain grafis terbaik

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, melahirkan banyak sekali software desain grafis yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari yang sederhana hingga yang paling rumit.

Setiap software desain grafis memiliki beragam fungsi dan kegunaannya masing-masing. Kami sudah merangkum software desain grafis yang bisa kamu gunakan dan pelajari dengan mudah .

apa saja? simak berikut ini:

1. Adobe Photoshop

photoshop salah satu software desain grafis yang populer

Adobe Photoshop merupakan salah satu software desain grafis paling populer saat ini. Meskipun sebenarnya software ini secara khusus dirancang untuk memanipulasi objek atau gambar dan biasa digunakan oleh para fotografer untuk mengedit hasil foto agar terlihat lebih menarik.

Namun, Adobe Photoshop juga sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan desain grafis seperti membuat banner, desain logo, tipografi, dan kebutuhan desain lainnya.

Dengan jumlah pengguna yang tergolong banyak di antara software serupa, kamu bisa mempelajari tutorial penggunaan software ini melalui blog desain, video youtube, atau membeli buku-buku khusus tutorial Adobe Photoshop untuk pemula hingga profesional.

2. GIMP

gimp atau gnu image manipulation program

Bagi sebagian orang, GIMP seringkali disebut sebagai alternatif dari Photoshop. Selain gratis, software GIMP juga bersifat open source, yaitu dapat dikembangkan oleh siapa pun.

Software ini dianggap sebagai salah satu software desain grafis terbaik karena fiturnya yang lengkap dan mudah digunakan bahkan untuk pemula.

Kelebihan utama GIMP adalah tampilannya yang cerah dan modern. Tentunya, karakteristik ini sangat cocok untuk para desainer muda.

Selain itu, kualitas grafis yang diberikan pun sangat jernih, sehingga mampu memberikan hasil desain grafis yang berkualitas.

3. Adobe Illustrator

adobe illustratormembuat logo, tipografi, hingga sketsa menjadi lebih mudah dengan illustrator

Jika ingin membuat sebuah desain vektor (vector) seperti sketsa, tipografi atau bahkan desain ilustrasi yang lebih kompleks untuk kebutuhan video, Adobe Illustrator merupakan pilihan yang tepat untuk mengerjakan itu semua.

Dengan Illustrator, semua pekerjaan desain kamu akan menjadi lebih cepat selesai. Software desain ini juga hadir dengan plugin yang sangat membantu sekali dalam membuat halaman web atau landing page menjadi lebih menarik.

Pada versi terbaru, kamu akan mendapat fitur seperti Cretive Cloud, yang bisa kamu manfaatkan dalam menggunakan aplikasi pada PC desktop maupun Mac.

Selain itu, keuntungan lain dari Illustrator adalah tersedianya tools seperti Touch-type and The Free Transform yang akan membuat hasil desain kamu lebih sempurna.

Namun, hanya satu kekurangan dari software ini yaitu harganya yang terbilang cukup mahal.

4. Inkscape

software desain grafis alternatif untuk membuat gambar vektor

Inkscape adalah software alternatif yang bisa kamu gunakan dalam membuat vektor, dan desian grafis yang menggunakan format file SVG. Software desain ini juga bisa digunakan pada Windows, Linux OS, dan Mac.

Pengguna Inkscape ditujukan untuk seorang desainer grafis profesional maupun bagi yang hanya ingin membuat gambar vektor, sketsa, memberi warna pada gambar, atau desain ilustrasi dengan mudah.

Kelebihan lainnya pada software ini yaitu memiliki tampilan antar muka yang sederhana dan mudah digunakan untuk semua pengguna. Software desain ini juga bersifat open source yang masih terus dikembangkan.

Meskipun begitu, juga harus bersabar saat menggunakan Inkscape karena tidak begitu cepat seperti software milik Adobe.

5. CorelDraw

Bagi seorang web designer maupun graphic designer, CorelDraw merupakan salah satu software desain vektor tanpa batas yang paling banyak digunakan saat ini.

Bukan tanpa alasan, software ini memiliki fungsi keren dan kemudahan yang tidak dapat dimiliki oleh software lainnya.

Dengan CorelDraw, kamu mempunyai kontrol penuh untuk membuat hasil desain menjadi lebih cepat dan dinamis. Jika menggunakan CorelDraw versi X5 ke atas, kamu mendapatkan fitur inbuilt organizer (Corel CONNECT).

Ada beberapa tools di dalamnya seperti Twirl, Smear, Repel dan Attract yang membuat proses editing objek vektor menjadi sangat mudah. Panduan Alignment memungkinkan kamu untuk memposisikan objek sesuai dengan kebutuhan.

Software ini bekerja dengan lancar untuk file berukuran besar di Corel Photo-Paint, bisa dibilang sebagai software desain grafis yang wajib dimiliki.

Beberapa kelebihan CorelDraw

  • Kustomisasi tampilan antarmuka yang bagus
  • Desain software yang segar
  • Tersedia video tutorial
  • Adanya paket langganan atau lisensi software

Kekurangannya

  • Belum tersedia untuk Mac
  • Cukup rumit untuk pemula
  • Navigasi software tidak mudah
  • Menu navigasi tidak terlihat

6. Adobe InDesign

adobe indesign

Didukung oleh Adobe, InDesign merupakan salah satu software unggulan dalam membuat layout untuk dekstop dan mobile. Adobe InDesign sangat ideal untuk penggunaan desain layout seperti majalah online, brosur atau majalah digital.

Fleksibilitas software ini cukup bagus, memungkinkan kamu untuk drag-drop pada layer dan mengubah ukuran gambar dengan mudah.

InDesign juga mendukung layanan seperti Behance dan Typekit untuk kamu mempublikasikan hasil karya digital kamu baik berupa fotografi, video, desain dan pengembangan web atau aplikasi.

Kelebihannya

  • Menggabungkan teks dan gambar menjadi mudah
  • Cukup mudah digunakan oleh pemula
  • Fitur-fitur beragam dan keren

Kekurangannya

  • Cukup terbatas untuk kebutuhan desian grafis
  • Dukungan tools untuk desain kurang
  • Penyesuaian untuk edit gambar terbatas

Namun, jika ingin membuat rincian desain yang lebih kompleks, sebaiknya buatlah terlebih dahulu di software lain seperti Illustrator sebelum mengatur layoutnya pada InDesign.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *